Wednesday, August 9, 2017

Serba Serbi Desa Dlemer


Desa Dlemer merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Desa Dlemer terletak 4 KM ke arah Selatan dari kota Kecamatan Arosbaya. Desa Dlemer merupakan salah satu dari 18 desa yang terdapat di Kecamatan Arosbaya dengan luas wilayah 1,32 Km2. Desa Dlemer berbatasan langsung dengan beberapa desa yaitu Plakaran, Karangpao, dan desa Mangkon. Desa Dlemer memiliki 2 dusun, yaitu :  dusun Dlemer dan dusun Ronceh. Akses jalan menuju dusun Dlemer terbilang cukup baik dengan kondisi sudah ter-aspal dan dapat dilewati kendaraan roda 4. Akses jalan menuju dusun Ronceh juga terbilang cukup baik namun hanya dapat dilalui menggunakan kendaraan roda 2.

Kehidupan sosial masyarakat desa Dlemer mayoritas sebagai petani. Rata-rata potensi lokal yang ada di desa Dlemer terdapat dalam bidang pertanian yaitu jagung, padi, dan singkong. Sedangkan dari segi Pendidikan di desa Dlemer meliputi pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan Formal mencangkup PAUD, TK, Sekolah Dasar dan SMP dengan jumlah masing-masing berjumlah satu instansi. Serta pendidikan non formal berupa Madrasah yang bergerak dalam bidang pendidikan agama islam.

Berdasarkan data penduduk yang telah diterima, jumlah penduduk desa Dlemer yaitu ±800 jiwa dengan jumlah kepala keluarga ±360 jiwa. Dengan jumlah penduduk kurang dari 1000 jiwa, desa Dlemer terbilang memiliki jumlah penduduk yang cukup sedikit ditambah dengan banyaknya penduduk yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara asing. Sehingga keberadaan penduduk desa Dlemer semakin sedikit.


EmoticonEmoticon