Saturday, August 12, 2017

Sumber Daya Alam Desa Dlemer



Desa Dlemer memiliki keunggulan dalam sektor pertanian, dimana meliputi hasil pertanian berupa padi, jagung, kacang kacangan dan singkong. Keunggulan dalam sektor agraris lah membuat para penduduk setempat berprofesi sebagai buruh tani dan menjadi mata pencaharian utama mereka.


Jagung

Jagung merupakan bahan pokok pengganti beras warga Dlemer. Selain menjadi bahan pokok, hasil pertanian jagung juga dijual langsung ke pasar dalam bentuk mentahan.

Padi

Sama seperti jagung, padi juga merupakan keunggulan pertanian yang cukup besar namun tidak sebanyak jagung. Sebagian warga desa Dlemer memiliki lahan tanaman padi, tidak jauh berbeda dengan jagung. Kebanyakan warga hanya menjual padi dalam bentuk beras mentahan tanpa ada pengolahan hasil pertanian.


Singkong

Tanaman singkong tidak ditanam secara keseluruhan didaerah pertanian. Dan hanya sebagian warga yang memiliki lahan pertanian singkong. Jadi tanaman singkong hasil panennya tidak banyak seperti jagung dan padi. Pemanfaatan pengolahan singkong belum dikatakan maksimal, karna masih perlu pengetahuan warga untuk mengolah berbagai macam olahan yang berbahan dasar singkong.

Kacang 


Sebagian kecil warga desa Dlemer menanam kacang-kacangan dalam jumlah sedikit tetapi merata disetiap lahan yang dimilikinya. Kacang – kacangan berupa kacang ijo, kacang tanah, dan kacang panjang.


EmoticonEmoticon