Tuesday, August 7, 2018

KKN 29 UTM Mengajar Madrasah Diniyah Bidaaatul Muta’alimin

Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia dimana masyarakatnya mayoritas beragama Islam. Tradisi keislaman yang begitu kental berpengaruh pada penampilan masyarakat Madura dalam kesehariannya. Pada umumnya, masyarakat Madura dalam berpakaian selalu tertutup. Hal ini membuktikan bahwa Islam yang disebarkan para kiai begitu melekat dalam masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Madura memang memegang teguh nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, secara tidak langsung banyak bermunculan lembaga-lembaga pendidikan islami, seperti pondok pesantren, madrasah maupun taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Berhubung posko KKN 29 UTM berada di lingkungan lembaga pendidikan islami, kami diberi amanah untuk membantu mengajar dalam kelas Madrasah Diniyah Bidaaatul Muta’alimin. Kami kelompok KKN 29 UTM menyambut dengan baik ajakan kepala Madrasah Diniyah Bidaaatul Muta’alimin tersebut.

Kegiatan mengajar di Madrasah Diniyah Bidaaatul Muta’alimin kami lakukan empat hari dalam satu minggu yaitu senin, selasa, rabu dan kamis. Hal tersebut sesuai dengan permintaan kepala Madrasah Diniyah Bidaaatul Muta’alimin kepada kami. Adapun materi yang kami ajarkan yaitu bahasa arab dan akidah akhlak.


EmoticonEmoticon