Tuesday, August 7, 2018

Mengenal Asal Usul Desa Dlemer



Desa Dlemer merupakan salah satu desa dari 16 desa yang ada di kecamatan Kwanyar. Desa Dlemer termasuk desa yang jaraknya tidak jauh dari Kantor Kecamatan Kwanyar. Secara geografis desa Dlemer berbatasan dengan empat desa. Adapun di sebelah timur berbatasan dengan Desa Janteh, di sebelah barat berbatasan dengan Desa Ketetang, di sebelah utara berbatasan dengan Desa Morombuh dan di sebelah selatan berbatasan dengan desa Pesanggrahan. Keempat desa tersebut juga termasuk dalam wilayah kecamatan Kwanyar.

Luas wilayah dari desa Dlemer yaitu 278 hektar. Dengan luas wilayah tersebut, desa Dlemer memiliki 9 dusun diantaranya dusun Sekepay, dusun Telageh, dusun Maddungan, dusun Gruggu, dusun Gumantar, dusun Bangkapoh, dusun Dlemer, dusun Asem Peppek dan dusun Karang.

Nama desa Dlemer sendiri ternyata memiliki asal usul(sejarahnya). Menurut warga, dahulu ada seorang Pangeran yang membangun sebuah rumah di tengah danau atau sungai. Rumah tersebut dijadikan sebagai tempat peristirahatan sang Pangeran dan keluarganya. Bangunan rumah yang dibuat oleh Pangeran sangat unik dan diluar nalar rakyat pedesaan. Rumah tersebut berdiri dikelinggi oleh air sehingga untuk mengenang sang Pangeran dan rumahnya, maka tokoh masyarakat desa memberikan nama desa tersebut dengan nama “Dlemer”. Kata “Dlemer” sendiri berasal dari dua kata yaitu “Delem” dan “Aeng”. “Delem” berarti dalam atau bisa diartikan juga sebagai tempat tinggal sedangkan “Aeng” adalah air.


EmoticonEmoticon