Tuesday, July 16, 2019

LOMBA PERMAINAN TRADISIONAL GUNA MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR






BANGKALAN - Program kuliah kerja nyata (KKN) oleh kelompok 09 Universitas Trunojoyo Madura terdiri dari banyak program nyata yang dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu program kerja yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak yang ada di desa Dlemer adalah lomba tradisional dalam mengusung rangkaian pesta rakyat dan malam inagurasi.

Perlombaan permainan tradisional ini terdiri dari beberapa jenis perlombaan yang semua bertujuan meningkatkan kemampuan anak-anak. Perlombaan ini meliputi, lomba memasukan paku dalam botol, lomba makan krupuk, lomba estafet karet, lomba balap karung, lomba lingkar hamster, lomba tartil dan lomba adzan. Banyaknya perlombaan ini, membuat anak-anak saling tertawa riang dan sangat antusias dalam mengikuti semua perlombaan yang diadakan oleh KKN 09 di desa Dlemer ini. Terdapat beberapa kategori anak-anak yaitu untuk sekolah dasar dan untuk anak menengah pertama.


Pemilihan lomba permainan tradisional dalam rangka pesta rakyat dan malam inagurasi ini dikarenakan banyak anak-anak di desa Dlemer yang suka bermain game pada ponsel dan melupakan permainan tradisional yang sebenarnya lebih seru dibanding permainan game pada ponsel. Oleh karena itu, KKN 09 ingin merubah perspektif itu dengan mengenalkan kembali permainan tradisional dikalangan anak-anak. Dan diharapkan dengan lomba-lomba tersebut anak-anak bisa lebih bijak dalam menggunakan ponsel tanpa pengawasan orang tua.





EmoticonEmoticon